Organisasi Garis/staff Dan Fungsional

Organisasi garis dan staf (line and staff organization)

Suatu bentuk organisasi dimana pimpinan dibantu oleh staf dan ada kesatuan komando serta memiliki garis komando dari tingkat yang paling atas hingga tingkat yang paling bawah atau dari tingkat pusat sampai ke tingkat daerah.Staf mempunyai wewenang fungsional, memberikan bantuan/advis/petunjuk, baik berupa pemikiran, tenaga kerja, keuangan, material maupun fasilitas-fasilitas, sarana dan prasarana yang sanggup serta mampu mendukung pelaksanaan tugas pokok organisasi (kepala/pimpinan mempunyai wewenang komando).

Organisasi fungsional (fuctional organization)

Suatu bentuk organisasi dimana bawahan mendapat perintah dari beberapa pejabat yang masing-masing menguasai suatu bidang keahlian tertentu dan bertanggung jawab sepenuhnya atas bidangnya.
Pada bentuk ini pimpinan mempercayakan sepenuhnya kepada para ahli dalam bidang masing-masing.

Sifat/ciri-ciri

Tidak terlalu menekankan pada hirarki structural,Lebih banyak didasarkan kepada sifat dan macam fungsi yang perlu dijalankan.

Kebaikan/kelebihan

1. Spesialisasi dipergunakan maksimal,
2. Solidaritas orang yang menjalankan fungsi yang sama tinggi,
3. Moral serta disiplin orang yang menjalankan fungsi yang sama tinggi(tanggung jawab atas fungsinya terjamin),
4. Koordinasi antara orang-orang dalam satu fungsi mudah dijalankan,
5. Bidang pekerjaan khusus diduduki oleh seorang ahli yang memungkinkan bekerja atas dasar keahlian dan kecintaan akan tugasnya.

Keburukan/kelemahan

Orang terlalu menspesialisasikan diri, sukar mengadakan tour of duty dan tour of area (dapat menimbulkan dispersonalisasi),
Orang yang bergerak dalam satu fungsi tertentu terlalu mementingkan fungsinya, koordinasi menyeluruh sulit dijalankan (koordinasi sulit dilaksanakan),
Keahlian memimpin kurang dapat dijamin,Asas kesatuan komando (unity of command) sulit dilaksanakan,

keburukan Organisasi Garis/Staff Dan Fungsional pada Institusi Pendidikan

Struktur organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional untuk mencapai tujuan. Struktur Organisasi menggambarkan dengan jelas pemisahan kegiatan pekerjaan antara yang satu dengan yang lain dan bagaimana hubungan aktivitas dan fungsi dibatasi. Dalam struktur organisasi yang baik harus menjelaskan hubungan wewenang siapa melapor kepada siapa.

Empat elemen dalam struktur organisasi yaitu :

1. Adanya spesialisasi kegiatan kerja
2. Adanya standardisasi kegiatan kerja
3. Adanya koordinasi kegiatan kerja
4. Besaran seluruh organisasi

Adapun bentuk – bentuk organisasi:

A. Organisasi Garis

Organisasi Garis atau lini adalah suatu bentuk organisasi yang didalamnya merupakan garis wewenang yang saling menghubungkan langsung sacara vertikal antara pimpinan dan bawahan. Pada organisasi ini garis bersama dari kekuasaan dan tanggung jawab yang bercabang pada setiap tingkat pimpinan mulai dari tingkat yang teratas sampai tingkat yang terbawah. Dalam organisasi ini seseorang atau bawahan hanya bertanggung jawab kepada satu orang atasan saja. Oleh karena itu pada jenis organisasi ini, atasan dituntut mempunyai pengetahuan yang luas. Adapun kebaikan organisasi garis adalah sebagai berikut:

1. Kesatuan dalam pimpinan dalam perintah
2. Pengembilan keputusan lebih cepat
3. Solidaritas karyawan tinggi
4. Biayanya rendah

Adapun keburukan organisasi garis adalah sebagai berikut:

1. Tidak bergantung pada satu pimpinan, sehingga tidak mampu akan mempengaruhi kelangsungan organisasi
2. Adanya kecenderungan pimpinan untuk bertindak oktoritas
3. Perkembangan karyawan terbatas

B. Organisasi Garis Dan Staff

Perpaduan antara struktur organisasi garis dengan struktur organisasi fungsional dengan bantuan staff. Staff adalah tenaga ahli yang bertugas memberikan pertimbangan dan nasehat sesuai dengan keahliannya. Adapun kebaikan dalam organisasi garis dan staff:

1. Relevan untuk perusahaan besar
2. Keputusan lebih rasional karena ada staffnya yang ahli
3. Dapat mewujudkan ” The right man, in the right pleace “

Adapun keburukan dalam organisasi garis dan staff:

1. Organisasinya lebih rumit karena kompleksnya susunan organisasi serta membutuhkan biaya yang tinggi
2. Koordinasi kadang – kadang sukar diterapkan
3. Solidaritas antar karyawan berkurang karena jumlahnya yang banyak sehingga memungkinkab mereka untuk tidak saling mengenal

C. Organisasi Fungsional

Organisasi Fungsional adalah organisasi yang susunannya berdasarkan atas fungsi-fungsi yang ada dalam organisasi tersebut,Dalam organisasi ini seorang tenaga kerja tidak hanya bertanggung jawab kepada satu atasan saja. Pada organisasi ini pemimpin berhak memerintahkan semua para tenaga kerja/para karyawannya, selama masih dalam hubungan pekerjaan.Sehingga seorang pekerja dapat saja diperintah oleh lebih dari satu atasan sesuai dengan keahliannya. Adapun kebaikan dalam organisasi fungsional adalah sebagai berikut:

1. Pembagian tugas yang jelas
2. Spesialisasi karyawan dapat dikembangkan dan digunakan semaksimal mungkin
3. Masing – masing fungsi di pegang oleh orang yang ahli dalam bidangnya, sehingga terdapat keserasian antara tugas dan keahliannya

Adapun keburukan dalam organisasi fungsional adalah sebagai berikut:

1. Tidak adanya kesatuan perintah karena karyawan dapat menerima perintah dari beberapa atasan yang sama – sama mempunyai kekuasaan
2. Karyawan yang merasa ahli dalam bidangnya sulit bekerja sama, karena masing – masing bidang spealisasi yang penting

Prinsip – prinsip Organisasi

Agar berjalan dengan baik, diperlukan pedoman atau prinsip dalam melaksanakan kegiatannya. Prinsip – prinsip organisasi:

1. Perumusan tujuan dengan jelas
2. Pembagian tugas
3. Delegasi kekuasaan
4. Rentangan kekuasaan
5. Tingkat pengawasan
6. Kesatuan perintah dan tanggung jawab
7. Koordinasi