Ryan Oktario biasa dipanggil Rio,Lahir Kuamang Kuning,Muara Bungo,Jambi 04 Oktober 1988,anak pertama dari 2 bersaudara.Usia 5 tahun masuk Taman Kanak-kanak (TK) Diniyah selama 1 tahun,dan melanjutkan ke SDN 81 Muara Bungo,SMPN 1 Muara Bungo,SMAN 1 Muara Bungo.Setelah itu saya melanjutkan ke Perguruan Tinggi Universitas Putra Indonesia (UPI) di Padang,Sumatra Barat,disana saya kuliah selama 2 tahun dan tidak menyesaikannya.Sekarang saya melanjutkan ke perguruan tinggi Swasta Universitas Gunadarma Jurusan Sistem Informasi (SI) semester 5.

Dibesarkan dalam keluarga sederhana,Ayah saya berkerja sebagai Pegawai Negri Sipil (PNS) di RSU H.Hanafi Muara Bungo,dan Ibu saya berkerja di Puskesmas Muara Bungo sebagai Bidan.Pada tahun 1998 tidak tahu pasti pasti bulan dan tanggal berapa Ibu tercinta dipanggil yang MahaKuasa,ketika itu saya berumur 10 tahun saat itu kelas 4 SD dan adik saya berumur 3 tahun, Sejak Ibu tiada saya tinggal bersama nenek untuk beberapa waktu.rio kecil yang terbiasa hidup dimanja harus terbiasa dan belajar hidup mandiri untuk mengurus semua keperluan.

Beberapa lama dalam kesedihan rio kecil mencoba mencari kesibukan denagn main musik,sepak bola dan badminton,yang ditekuni sampai sekarang.Umur 12 tahun pertama kali saya mulai mengikuti beberapa kegiatan seperti Turnamen badminton,sepak bola dan festival musik.hal yang paling membanggakan saat saya menjadi perwakilan dari sekolah untuk mengikuti pentas seni pelajar Jambi dan mewakili daerah saya Muara Bungo untuk mengikuti festival musik se-provinsi Jambi yang diadakan di Kab.Bangko.