Struktur organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional untuk mencapai tujuan. Struktur Organisasi menggambarkan dengan jelas pemisahan kegiatan pekerjaan antara yang satu dengan yang lain dan bagaimana hubungan aktivitas dan fungsi dibatasi. Dalam struktur organisasi yang baik harus menjelaskan hubungan wewenang siapa melapor kepada siapa.

Empat elemen dalam struktur organisasi yaitu :

1. Adanya spesialisasi kegiatan kerja
2. Adanya standardisasi kegiatan kerja
3. Adanya koordinasi kegiatan kerja
4. Besaran seluruh organisasi

Adapun bentuk – bentuk organisasi:

A. Organisasi Garis

Organisasi Garis atau lini adalah suatu bentuk organisasi yang didalamnya merupakan garis wewenang yang saling menghubungkan langsung sacara vertikal antara pimpinan dan bawahan. Pada organisasi ini garis bersama dari kekuasaan dan tanggung jawab yang bercabang pada setiap tingkat pimpinan mulai dari tingkat yang teratas sampai tingkat yang terbawah. Dalam organisasi ini seseorang atau bawahan hanya bertanggung jawab kepada satu orang atasan saja. Oleh karena itu pada jenis organisasi ini, atasan dituntut mempunyai pengetahuan yang luas. Adapun kebaikan organisasi garis adalah sebagai berikut:

1. Kesatuan dalam pimpinan dalam perintah
2. Pengembilan keputusan lebih cepat
3. Solidaritas karyawan tinggi
4. Biayanya rendah

Adapun keburukan organisasi garis adalah sebagai berikut:

1. Tidak bergantung pada satu pimpinan, sehingga tidak mampu akan mempengaruhi kelangsungan organisasi
2. Adanya kecenderungan pimpinan untuk bertindak oktoritas
3. Perkembangan karyawan terbatas

B. Organisasi Garis Dan Staff

Perpaduan antara struktur organisasi garis dengan struktur organisasi fungsional dengan bantuan staff. Staff adalah tenaga ahli yang bertugas memberikan pertimbangan dan nasehat sesuai dengan keahliannya. Adapun kebaikan dalam organisasi garis dan staff:

1. Relevan untuk perusahaan besar
2. Keputusan lebih rasional karena ada staffnya yang ahli
3. Dapat mewujudkan ” The right man, in the right pleace “

Adapun keburukan dalam organisasi garis dan staff:

1. Organisasinya lebih rumit karena kompleksnya susunan organisasi serta membutuhkan biaya yang tinggi
2. Koordinasi kadang – kadang sukar diterapkan
3. Solidaritas antar karyawan berkurang karena jumlahnya yang banyak sehingga memungkinkab mereka untuk tidak saling mengenal

C. Organisasi Fungsional

Organisasi Fungsional adalah organisasi yang susunannya berdasarkan atas fungsi-fungsi yang ada dalam organisasi tersebut,Dalam organisasi ini seorang tenaga kerja tidak hanya bertanggung jawab kepada satu atasan saja. Pada organisasi ini pemimpin berhak memerintahkan semua para tenaga kerja/para karyawannya, selama masih dalam hubungan pekerjaan.Sehingga seorang pekerja dapat saja diperintah oleh lebih dari satu atasan sesuai dengan keahliannya. Adapun kebaikan dalam organisasi fungsional adalah sebagai berikut:

1. Pembagian tugas yang jelas
2. Spesialisasi karyawan dapat dikembangkan dan digunakan semaksimal mungkin
3. Masing – masing fungsi di pegang oleh orang yang ahli dalam bidangnya, sehingga terdapat keserasian antara tugas dan keahliannya

Adapun keburukan dalam organisasi fungsional adalah sebagai berikut:

1. Tidak adanya kesatuan perintah karena karyawan dapat menerima perintah dari beberapa atasan yang sama – sama mempunyai kekuasaan
2. Karyawan yang merasa ahli dalam bidangnya sulit bekerja sama, karena masing – masing bidang spealisasi yang penting

Prinsip – prinsip Organisasi

Agar berjalan dengan baik, diperlukan pedoman atau prinsip dalam melaksanakan kegiatannya. Prinsip – prinsip organisasi:

1. Perumusan tujuan dengan jelas
2. Pembagian tugas
3. Delegasi kekuasaan
4. Rentangan kekuasaan
5. Tingkat pengawasan
6. Kesatuan perintah dan tanggung jawab
7. Koordinasi