Untuk membahas tentang konflik,keputusan dan solusi dalam organisasi kita harus mendeffenisikannya terlebih dahulu.
Konflik adalah interaksi antara dua atau lebih pihak yang satu sama lain saling bergantung namun terpisahkan oleh perbedaan tujuan dimana setidaknya salah satu dari pihak-pihak tersebut menyadari perbedaan tersebut dan melakukan tindakan terhadap tindakan tersebut.
Keputusan adalah kesimpulan yang dicapai melalui berbagai macam pertimbangan, dimana akan dipilih satu kemungkin alternatif dari berbagai macam alternatif Keputusan didasarkan pada fakta dan nilai.
Solusi adalah cara dimana kita bisa menyelesaikan suatu masalah dengan cara yang terbaik atau malah sebaliknya.
Di dalam sebuah organisasi wajar bila terdapat konflik di antara anggotanya. Terutama dalam mengambil sebuah keputusan. Ketika hal ini terjadi kita harus menemukan solusi yang tepat. Memang terkadang dalam mengambil sebuah keputusan akan memberatkan salah satu pihak atau beberapa pihak. Tetapi hal itu bisa dihindari dengan melakukan voting suara dan jika telah menemukan keputusan yang akan diambil maka semua anggota harus menerima keputusan itu dan bertanggungjawab kepada keputusan tersebut.
Ketika terlibat dalam situasi konflik, penting bagi anda untuk menyadari apakah anda dan pihak lain terlibat konflik pribadi atau bukan. Bukan hal yang mudah untuk membedakannya, dan sulit untuk secara jujur mengakuinya. Tanyakan pada diri anda pertanyaan berikut :

Apakah saya tidak menyukai orang lain atau kesal dengannya?

Apakah saya melihat orang lain tidak layak dipercaya dan dihargai?

Apakah saya ingin "menang"?

Jika kebanyakan jawaban pertanyaan tersebut adalah “YA”, maka anda menempatkan diri anda pada konflik pribadi sehingga tidak seorangpun yang menang.Dalam situasi dimana anda dan pihak lain memiliki konflik pribadi, anda bisa fokus pada isu tertentu. Anda tidak secara langsung memiki kendali atas orang lain, tapi anda dapat mengendalikan diri anda sendiri. Dengan memindahkan isu, dan mempertahankannya, anda mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama.Dengan anda bersikap demikian mungkin solusi dan keputusan akan bisa dicapai.