Organisasi sebagai suatu kelompok orang yang bersatu dalam tugas-tugas,terikat pada lingkungan tertentu,menggunaan alat teknologi dan patuh pada peraturan(Malinowski).

Dari kalimat diatas anda sudah dapat menyimpulkan bahwa organisasi adalah wadah kerja sama sekelonpo orang untuk mencapai tujuan dan hasil yang maksimal.dalam sebuah organisasi terdapat elemen-elemen penting yang membentuknya,jika salah satu elemen tesebut tidak ada maka sebuah organisasi tidak akan berjalan sebagaimana mesti nya.

Berikut saya cantumkan orientasi-orientasi yang terdapat dalam sebuah organisasi untuk memajukan sebuah organisasi :

1. Nilai & visi
2. Misi
3. Aturan
4. Profesional
5. Insentif
6. Sumber daya
7. Rencana kerja

Penjelasan dari Orientasi :

1. Nilai & visi.
Nilai merupakan sebuah perilaku khusus yang terdapat pada diri sendiri,dalam artian perilaku dalam menjalankan organisasi dan berkerja sama secara berelonpok.
Visi adalah sebuah tujuan dari organisasi itu sendiri.

Jika NILAI & VISI tidak terdapat dalam sebuah organisasi maka organisasi tersebut akan RUSAK.

2. Misi.
Misi adalah apa yang harus dilakukan untuk mencapai visi.
contohnya : melakukan kerjasama dengan organisasi lain.

Jika dalam organisasi tida terdapat Misi maka organisasi tersebut akan menjadi BINGUNG.

3. Aturan.
Aturan adalah norma atau tata tertib dalam menjalankan organisasi.Biasanya setiap organisasi mempunyai Aturannya sendiri.
Jika dalam organisasi tidak terdapat Aturan maka akan terjadi KONFLK KEPENTINGAN.

4. Profesionalisme.
Profesionalisme merupakan sifat profesional seseorang dalam menjalankan organisasi,dan mempunyai kemampuan di bbidang nya.
Jika yang menjalankan organisasi tersebut tidak ada profesionalisme nya maka organisasi tersebut akan menjadi RESAH.

5. Insentif.
Insentif merupakan saran motivasi.seperti : Jenjang karir,dengan adanya jenjang karir setiap elemen yang ada dalam organisasi tersebut akan terpacu untuk melakukan yang terbaik bagi organisasi itu,dengan harapan jabtan nya akan naik.
Jika tidak terdapat Insentf dalam sebuah organisasi maka akan menjadi LAMBAN dalam mencapai visi organisasi itu.

6. Sumber daya.
Sumber daya merupakan factor penting dalam menjalankan organisasi,jika dalam sebuah organisasi tidak terdapat Sumber daya yang baik maka akan terjasdi FRUSTASI,hal ini disebabkan tidak ada yang menuntun(Leader) atau mengarahkan kemana organisasi itu akan dibawa.

7. Rencana kerja.
Rencana kerja adalah apa yang harus dilakukan untuk mencapai misi dari organisasi itu,jika misi telah tercapai maka secara otomatis visi perusahaan akan ikut tercapai walaupun mungkin hanya sebagian dari visi yang tercapai.
Jika Rencana kerja tidak ada dalam sebuah organisasi sering terjadi SALAH LANGKAH dalam mencapai misi dari organisasi tersebut.